Batik Baron

Batik Sutra ATBM – The Exclusive Tailor

Batik baron adalah batik yang dibuat dari kain tenun baron sering disebut dengan kain tenun kelas premium. Yang proses pembuatannya menggunakan bahan terbaik menghasilkan kain yang halus, lembut, padat, dan kuat.

Selaras dengan kualitas kainnya. Setiap pembuatannya juga menghadirkan motif yang terpilih. Terlihat lebih mewah, berkelas, elegan, dan biasa menjadi pilihan pakaian untuk acara formal. Tidak hanya motif tenunnya saja. Tapi juga motif batiknya. Seperti sengaja dilukis dengan sentuhan prestise yang paling baik.

Ciri Khas Batik Baron

Ciri utama yang terlihat pada batik tenun ini adalah penggunaan warna yang terang tapi tidak terlalu mencolok. Warna motif dan dasar kain terlihat kontras dengan pilihan warna yang lembut. Tanpa meninggalkan kesan berkelas dan premium.

Dari segi motif, ciri khas yang paling menonjol adalah adanya garis vertikal dengan lebar tertentu pada sisi tertentu. Motif ini memang paling sesuai jika pria yang menggunakannya. Namun di tangan desainer kreatif, batik ini juga bisa menjadi pilihan bagi kaum wanita. Dengan penyesuaian warna dasar kain dan motifnya.

Kain batik ini tergolong baru. Tapi pesonanya tidak kalah dengan jenis batik lainnya. Apalagi ketika desain batik ini mampu menembus selera fashion kaum remaja. Kepopuleran batik dan tenun baron semakin melejit.

Jenis Batik Ini Berdasarkan Bahannya

Berdasarkan bahannya, batik tenun ini memiliki 3 jenis. Antara lain :

  1. Batik Tenun Baron Sutera Murni

Banyak yang menyebutnya sebagai baron sutera murni. Karena bahan dasar pembuatannya menggunakan kain sutera murni grade A. Wajar jika harganya sangat mahal, setara dengan batik sutera.

Mahalnya tenun jenis ini bukan karena bahannya saja yang halus, lembut, kuat, dan padat. Tapi juga menggunakan desain motif yang mewah, berkelas, dan eksklusif. Maka tak heran jika per lembarnya dibandrol dengan harga 2 jutaan.

Bagi kalangan tertentu harga ini memang sangat mahal. Namun demi menonjolkan kelas strata sosial, banyak orang yang memburu kain ini untuk dijadikan fashion pada acara formal.

  1. Batik Tenun Baron 50%

Jika batik tenun baron sutera murni sangat mahal, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa membeli tenun baron 50%. Yaitu perpaduan sutera dengan katun super. Hasilnya memang tidak sebaik kain sutera murni. Namun masih tetap terasa nyaman saat mengenakannya. Karena menggunakan katun kualitas terbaik.

Lalu berapa harganya? Rata-rata per lembarnya hanya dibanderol dengan harga satu jutaan saja. Harga ini hanya perkiraan. Karena beda toko beda harganya.

  1. Batik Tenun Baron Viskos

Masih merasa batik tenun baron sutera 50% mahal? Cobalah menggunakan batik tenun baron viskos. Yaitu kain tenun yang pembuatannya memasukkan benang bordir dan benang katun halus kualitas super. Hasilnya akan lebih tebal daripada sutera. Tapi tetap saja berkualitas.

Baron viskos inilah yang paling banyak beredar di pasaran. Karena kualitas yang nyaris terlihat sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Apalagi jika menggunakan motif etnik lukisan batik yang anggun dan berkelas. Masih sangat layak untuk mengenakannya pada berbagai acara formal.

Lalu motif apa saja yang sering ada pada batik baron ini? Rata-rata hampir sama seperti batik lainnya. Seperti motif flora dan fauna. Ada juga motif garis dan figuratif yang paling banyak menjadi pilihan para pejabat karena terlihat mewah dan berkelas.

Bagaimana, tertarik menggunakan batik baron? Sudah banyak tersedia di toko fashion online maupun offline. Terutama toko busana batik dari berbagai daerah. Bisa dibeli dan dijahitkan di The Exclusive Tailor and Batik House, dengan out-let yang ada di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Cibubur, Bandung dan di Medan Sumatera Utara.